Wakil Indonesia Akan Bersaing di Grup G dan H Piala AFC 2019

Suara.com – Drawing atau pengundian pembagian grup untuk Piala AFC 2019 telah dilakukan Konfederasi sepak bola Asia (AFC). Pengundian tersebut dilaksanakan di markas AFC yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (22/11/2018).

Piala AFC 2019 akan digelar mulai 5 Februari hingga 2 November tahun depan. Indonesia sendiri mendapat jatah dua tempat di turnamen tersebut.

Dari hasil undian yang dikeluarkan, wakil Indonesia berada di Grup G dan H. Di Grup G, akan diisi oleh klub yang nantinya keluar sebagai juara Liga 1 2018.

Tim juara Liga 1 2018 nantinya lebih dahulu mengikuti babak play-off Liga Champions Asia 2019. Jika gagal, tim tersebut otomatis masuk ke putaran final Piala AFC 2019.

Namun, jika juara Liga 1 2018 bisa melaju hingga putaran final Liga Champions 2019, posisinya di ajang Piala AFC akan digantikan tim yang finis di urutan tiga klasemen akhir Liga 1 2018.

Sementara di Grup H, akan ditempati oleh runner up Liga 1 2018. Total, ada sembilan grup yang masing-masing diisi oleh lima tim dari berbagai negara.

Liga 1 2018 sendiri saat ini belum usai. Artinya wakil Indonesia di Piala AFC 2019 belum bisa ditentukan. Saat ini, sejumlah tim masih bersaing ketat memperebutkan gelar. Empat tim yang berpeluang merebut gelar Liga 1 2018 adalah PSM Makassar, Persija Jakarta, Persib Bandung, dan Bhayangkara FC.

Pada Piala AFC 2018, Indonesia mengirimkan dua wakilnya. Yaitu Bali United yang gagal di babak play-off Liga Champions dan Persija Jakarta.

Berikut pembagian grup Piala AFC 2019:

Grup A: Al Jaish (Suriah), Al Nejmeh (Lebanon), Al Wehdat/Al Faisaly (Yordania), pemenang play-off.

Grup B: Al Najma (Bahrain), Al Ittihad (Suriah), Kuwait SC/Kazma SC (Kuwait), Al Jazeera (Yordania).

Grup C: Al Ahed (Lebanon), Malkiya Club (Bahrain), Al Suwaiq (Oman), Qadasla SC (Kuwait).

Grup D: FC Istiklol/ FC Pegar-Tadaz (Tajikistan), Altyn Asyr (Rukmenistan), Dordoi FC (Kyrgyzstan), pemenang play-off.

Grup E: Minerva Punjab (India), juara Liga Bangladesh, juara Liga Nepal, pemenang play-off.

Grup F: Hanoi FC (Vietnam), Tampines Rovers (Singapura), Yangon United/ Zwekapin United FC (Myanmar), Naga World (Kamboja).

Grup G: Ceres Negros/Davao Aguilas FC (Filipina), Becamex Binh Duong (Vietnam), juara/peringkat ketiga Liga Indonesia, Shan United (Myanmar).

Grup H: Home United (Singapura), Kaya FC-Iloilo (Filipina), Lao Toyota FC (Laos), peringkat kedua Liga Indonesia.

Grup I: Kitchee SC/Hong Kong Pegasus (Hong Kong), 4.25 (Korea Utara), Hang Yuen FC (Cina Taipei), pemenang play off.