Menag harapkan pameran foto Muslim Rusia jadi sarana pembelajaran

Jakarta (ANTARA News) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengharapkan pameran foto mengenai tradisi Muslim di Rusia dapat menjadi sarana pembelajaran dalam menyikapi perbedaan bagi Indonesia maupun Rusia.

“Saya menyambut baik pameran foto mengenai tradisi umat Muslim di Rusia. Pameran ini dapat memperkenalkan budaya Muslim Rusia kepada masyarakat Indonesia,” ujar Lukman Hakim Saifuddin dalam pameran foto tradisi Muslim di Rusia di Museum Bayt Al-Quran dan Istiqlal, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan pameran ini menjadi wujud nyata kerja sama yang baik antara Indonesia dan Rusia dalam bidang keagamaan maupun kebudayaan.

“Saya mengharapkan kedua negara terus meningkatkan kerja sama di berbagai bidang di masa mendatang,” kata dia.

Melalui pameran tersebut, lanjut dia, Indonesia dapat mengambil peran dalam melestarikan kebudayaan Islam yang berkembang di Rusia maupun dunia.

“Hakikatnya kita juga menjaga peradaban dunia. Inti dari kebudayaan ¬†adalah saling berinteraksi antara satu komunitas dengan yang lain maupun antara satu negara dengan yang lainnya sehingga peradaban di dunia ini dari waktu ke waktu semakin meningkat kualitasnya,” kata dia.

Ia melanjutkan kebudayaan Islam selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

“Tidak ada kebudayaan yang statis, karena kebudayaan hakikatnya bagaimana manusia menyerap dan melestarikan nilai kebajikan yang memiliki kemaslahatan dan umat manusia menjalankan perannya,” kata dia.

Tentu, lanjut dia, Islam yang mengandung nilai kebajikan mempunyai peran yang sangat penting untuk mengisi kebudayaan di dunia ini.

Sementara itu Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan pameran foto tradisi umat muslim di Rusia sebagai rangkaian kegiatan dalam memperingati 70 tahun hubungan RI-Rusia.

Pameran yang diselenggarakan di Museum Istiqlal TMII itu berlangsung sejak 26 Februari hingga 18 Maret 2019.

Duta Besar Vorobieva mengungkapkan sekitar 20 juta jiwa penduduk Rusia memeluk agama Islam.

“Islam menduduki urutan kedua pemeluk agama terbanyak setelah penganut Kristen Ortodoks yang berada di posisi pertama,” kata dia.

Ia mengatakan pemerintah Rusia memberikan kebebasan beragama kepada warganya termasuk mereka yang menganut agama Islam.

Pada 2016, Presiden Rusia Vladimir Putin meresmikan masjid di Kota Moskow. Masjid yang bernama Cathedral Mosque tersebut merupakan masjid terbesar di Eropa.

Baca juga: ASEAN-Rusia tekankan kerja sama kemitraan strategi

Baca juga: Menko Polhukam bahas kerjasama keamanan dengan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia

Baca juga: Penerbangan langsung Moskow-Denpasar, dongkrak kunjungan wisatawan Rusia

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Azizah Fitriyanti
COPYRIGHT © ANTARA 2019